4 Cara Memutihkan Sepatu dari Noda Kuning

Jasa Interior Jakarta – Tampil percaya diri dengan pakaian atau sepatu yang digunakan adalah hal mudah. Namun bagaimana jika ternyata sepatu putih yang kita kenakan berwarna kekuningan karena noda? Trend menggunakan sepatu putih saat ini sedang naik daun, warna putih dari berbagai macam merk sepatu seperti adidas, vans, nike dan merk lainnya bisa saja berubah kuning loh.

Memakai sepatu tidak bisa menghindari sepatu kotor akibat tumpahan air,  menginjak genangan air, terkena air hujan, panas yang membuat warna putih menjadi kusam. Berbagai penyebab tersebut bisa menimbulkan sepatu berubah warna menjadi kuning.

Berkuangnya penampilan sepatu ini memang sulit dihindari, namun jika terdapat noda kekuningan bukannya tidak mungkin untuk dihilangkan loh. Ada banyak cara dan bahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna sepatu putih kembali menjadi bersih. Bahkan noda kuning yang muncul akan hilang tidak tidak berbekas.

Cara menghilangkan yellowing di sepatu ini harus dilakukan secepat mungkin saat kamu melihat noda yang muncul. Terlalu lama meninggalkan noda akan membuat noda semakin sulit dihilangkan. Jadi jika kamu menggunakan sepatu putih saat hujan atau menginjak genangan air sebaiknya langsung bersihkan dan keringkan.

Jangan Dibuang, Ini 4 Cara Memutihkan Sepatu dari Noda Kuning

Cara membersihkan sepatu kanvas putih yang menguning seringkali menjadi sulit. Sepatu yang terbuat dari bahan kanvas paling cepat menyerap air dan meninggalkan noda dalam waktu beberapa jam saja. Kebanyakan orang akan melapisi sepatu kanvas dengan lilin agar memberikan proteksi kain kanvas dari air yang menimbulkan noda kuning.

Baca Juga: Jasa Interior Kantor

Pencegahan tersebut memang bekerja dengan baik, tapi lapisan lilin pada kain kanvas kapan saja bisa hilang tanpa disadari. Nah bagi kamu yang terlanjur memiliki sepatu dengan noda kekuningan, maka ada baiknya jangan dibuang terlebih dahulu karena cobalah beberapa alternatif cara memutihkan sepatu kembali berikut ini:

  1. Odol

Pasta gigi atau odol adalah bahan yang paling sering digunakan untuk memutihkan sepatu kembali. Noda kuning pada sepatu akan hilang karena kandungan pemutih yang terdapat dalam pasta gigi. Selain itu odol juga tidak akan menimbulkan kerusakan pada sepatu dengan kain kanvas seperti yang terjadi jika menggunakan deterjen bubuk.

Cara membersihkan sepatu putih dengan odol sangat mudah. Cukup sikatkan odol pada noda kuning di sepatu. Tambahkan air agar sepatu tidak terlalu kering dan odol bisa masuk kedalam serat kain sepatu. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat, bulu sikat gigi yang halus dan bentuknya kecil bisa meraih pada bagian yang sulit. Bilas sepatu setelah selesai disikat lalu jemur.

  1. Soda kue

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan makanan, soda kue banyak digunakan untuk membersihkan peralatan dapur dari kerak yang mengeras. Bahkan noda kuning di sepatu akan hilang karena soda kue. Soda kue mengandung bahan yang keras yang berfungsi untuk mengembangkan kue, namun bahan tersebut memiliki efek lain ketika digunakan untuk membersihkan noda.

Kerak atau noda pada perangkat keras bahkan sepatu bisa hilang, cara membersihkan sepatu putih dengan soda kue pun sangat mudah. Campurkan soda kue dengan sedikit air sehingga berbentuk pasta, sikatkan pada seluruh permukaan noda kuning pada sepatu. Diamkan beberapa saat baru bilas dengan air bersih, lanjutkan dengan pengeringan.

  1. Air jeruk nipis

Jika soda kue dan pasta gigi tidak ampuh menghilangkan noda kuning pada bagian karet di sepatu gunakan air jeruk nipis yang dicampur dengan garam. Sifat abrasif dari garam akan menghilangkan noda kuning hingga kehitaman pada bagian bawah yakni karet sepatu. Sedangkan air jeruk nipis mengandung mineral korosif yang akan menghilangkan noda kekuningan dengan maksimal.

Cara memutihkan sepatu dengan air jeruk nipis dan garam sangat mudah. Cukup campurkan 3 sendok makan air jeruk nipis dan setengah sendok makan garam. Aduk dan campurkan kemudian sikatkan pada bagian karet sepatu yang kotor. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda. Lakukan sampai noda hilang baru dibilas dan dijemur.

  1. Shampo

Jika sepatu terbuat dari bahan kulit sintetis maka menghilangkan noda tidak perlu menggunakan bahan seperti di atas. Bahan kulit sintetis akan mudah rusak apabila dibersihkan dengan bahan dengan tingkat asam yang tinggi. Sebaliknya noda kuning akan mudah hilang dengan shampo atau sabun cuci piring.

Sabun cuci piring atau shampo bersifat lembut, cara menggunakannya pun cukup mudah. Untuk menghilangkan campurkan shampo atau sabun cuci piring dengan air. Kemudian sikatkan pada bagian sepatu yang terkena noda kuning. Sikat dengan lembut sampai noda benar-benar hilang. Bilas dengan air bersih kemudian jemur.

Perlu diingat, untuk mengeringkan sepatu harus menggunakan sinar dan panas matahari. Jangan gunakan mesin cuci atau hair dryer kerena tingkat kering sepatu tidak akan maksimal. Sepatu akan bau dan merusak mesin cuci, jadi sebaiknya lakukan pencucian sepatu apabila cuaca sedang panas dan baca juga info tentang interior hanya di Vendor interior terbaik

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *