6 Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Ruangan dan Jenisnya

Jasa pintu lipat kaca – Tanaman Sansivieria atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang pernah populer. Meskipun kini peminatnya sudah tidak sebanyak di masa kepopulerannya, tetapi tanaman yang satu ini masih menjadi salah satu pilihan pelaku dekor ruangan.

Tanaman lidah mertua, baik yang berdaun panjang atau pun berdaun pendek, dapat tumbuh dengan sedikit cadangan air dan minim pencahayaan dimana pencahaan dalam ruangan rumah akan menghemat biaya dan Anda perlu menggunakan jasa desain interior Oleh sebab itu, tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan.

6 Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Ruangan

Selain hanya untuk hiasan semata, tanaman lidah mertua rupanya memiliki manfaat lebih apabila diletakkan di dalam ruangan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman lidah mertua yang diletakkan di dalam ruangan.

Ini manfaat tanaman lidah mertua yang diletakkan di dalam ruangan seperti jasa yang dilakukan oleh Arskal , diantaranya:

  1. Menghilangkan Aroma Furniture

Bagi masyarakat Jepang, tanaman lidah mertua yang diletakkan di dalam ruangan akan menyerap bau yang dikeluarkan oleh beberapa furniture yang terdapat di dekatnya. Hal ini akan membuat udara menjadi terasa lebih segar.

  1. Membersihkan Udara

Seperti tanaman-tanaman berdaun lainnya, tanaman lidah mertua juga akan menyerap berbagai racun yang terkandung di udara, seperti karbondioksida. Bukan hanya itu, diklaim sebanyak 107 jenis kontaminan di dalam udara dapat diserap dan dikeluarkan kembali menjadi oksigen.

Oleh sebab itu, tanaman ini memang sangat baik diletakkan pada ruangan khusus perokok atau garasi mobil.

  1. Meredam Radiasi Elektronik

Tanaman lidah mertua yang diletakkan di ruangan dengan peralatan elektronik, seperti televisi, akan berfungsi mengurangi radiasi yang dipancarkan. Oleh sebab itu, tanaman ini kerap dipajang di ruang keluarga.

  1. Memberikan Aroma Terapi

Meskipun sangat jarang terlihat, namun sebenarnya tanaman lidah mertua akan berbunga pada usia tertentu atau jika telah mencapai ukuran rumpun tertentu. Bunga yang muncul dari tanaman lidah mertua ini akan menebarkan aroma yang khas dan baik untuk terapi.

  1. Menangkal Efek Sick Building Syndrome

Sick Building Syndrome adalah kondisi sebuah ruangan yang mengandung karbondioksida, nikotin, dan beberapa efek buruk yang ditimbulkan oleh Air Conditioner. Meletakkan tanaman lidah mertua di ruangan tersebut akan menangkal hal tersebut.

  1. Menangkal Bau Menyengat

Untuk menetralisir bau menyengat yang biasanya terdapat pada kamar mandi atau pun dapur tempat memasak, kita dapat meletakkan tanaman lidah mertua di beberapa sudutnya.

Itulah tadi beberapa manfaat tanaman lidah mertua apabila diletakkan di dalam ruangan. Meskipun begitu, jangan meletakkan tanaman ini di ruang tidur. Hal tersebut karena sama dengan tanaman pada umumnya, yang tetap akan menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida ketika malam hari.

Jenis Jenis Tanaman Lidah Mertua

Tanaman hias ini tidak hanya tersedia dalam satu bentuk dan satu warna saja. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman lidah mertua:

    1. Sansevieria trifasciata
    2. Sansevieria stuckyi,
    3. Sansevieria pinguicula,
    4. Sansevieria kirkii,
    5. Sansevieria Eilensis
    6. Sansevieria Ehrenbergii
    7. Sansevieria cylindrical

 

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *