7 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil – Banyak pantangan yang harus diikuti oleh seorang wanita yang sedang hamil.

Namun bukan buah semangka, ketika seorang ibu hamil mengkonsumsi buah semangka, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Khasiat paling utama yang banyak dikenal adalah mencegah dehidrasi. Seorang ibu hamil tidak boleh sampai dehidrasi karena akan terjadi hal yang sama dalam kandungan.

Apabila cuaca panas maka ibu hamil perlu mengkonsumsi buah semangka selain air. Kandungan air dalam buah semangka akan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh ibu dan janin.

Baca Juga: Sejarah dan Makna Nasi Tumpeng

Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah semangka karena ada beberapa efek yang diberikan seperti diabetes dan tekanan darah rendah.

Hal tersebut memang benar yang disebabkan oleh cara konsumsi buah semangka yang salah. Jika dikonsumsi sevara berlebihan seperti satu piring penuh dari sepuluh iris buah maka akan ada banyak kandungan yang berlebihan didapatkan. Maka beberapa tenanga medis mengatakan bahwa konsumsi buah semangka yang benar untuk ibu hami adalah tiga iris setiap harinya.

7 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Jika Anda menyukai semangka, maka tidak ada salahnya mengkonsumsi buah semangka setiap hari sesuai dengan takaran yang danjurkan. Nah ibu-ibu berikut ini manfaat semangka untuk ibu hamil yang akan Anda dapatkan.

1. Memperlancar urin

Karena kandungan air yang sangat banyak dan mencegah dehidrasi, jika Anda mengkonsumsi semangka setiap hari maka Anda juga akan lancar buang air kecil. Kelancaran ini sangat baik untuk organ ginjal, dan tidak akan terjadi masalah pada pencernaan.

2. Menambah imun

Ketika hamil seorang wanita akan rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus ringan seperti flu. Untuk meningkatka kekebalan tubuh selain pola makan yang bergizi penambahan buah semangka juga sangat baik. Dalam buah semangka, kandungan vitamin C nya akan meningkatkan imun pada tubuh. Jadi jika terjadi perubahan suhu cuaca ibu hamil akan tetap bertahan dan sehat.

3. Mencegah pembengkakan

Bagian kaki dan juga tangan ibu hamil seringkali membengkak. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Pembengkakan ini terjadi karena adanya edema yang merupakan penyumbatan pembuluh darah dan otot. Nah mengkonsumsi semangka yang banyak mengandung air akan mengurangi penyumbatan tersebut dan mencegah terjadinya pembengkakan.

4. Meredakan panas perut

Karena perut yang memebsar maka berbagai macam masalah pencernaan akan timbul. Nah salah satunya adalah rasa panas diperut yang seperti terbakar. Karena buah semangka mengandung air yang dingin maka akan mendinginkan perut dan menjadi sejuk. Anda bisa menambahkan berbagai buah dingin lainnya saat mengkonsumsi sebagai salad buah seperti melon.

5. Pencegahan pigmentasi

Kulit pada ibu hamil bisa saja berubah karena menumpuknya racun dalam tubuh. Nah pigmentasi ada kulit yang berubah ini akan mempengaruhi suasana hati para ibu hamil untuk mengatasinya Anda bisa mengkonsumsi semangka. Buah ini akan berfungsi sebagai detox dan mengeluarkan racun pada tubuh sehingga masalah pigmentasi pun tidak akan terjadi.

6. Perkembangan janin

Tidak hanya masalah yang terjadi pada tubuh ibu hamil saja yang diperhatikan namun kesehatan bayi pun ikut menjadi perhatian. Adanya kandungan vitamin A dan C pada buah semangka akan membuat janin berkembang dengan baik. Khususnya untuk kandungan seperti magnesium dan potasium yang aakn meningkatkan tumbuh kembang saraf otak dan sistem imun janin.

7. Mengatasi tekanan darah tinggi

Karena kandungan air yang banyak maka semangka akan enurunkan tekanan darh pada ibu hamil. Manfaat semangka untuk ibu hamil tidak hanya ini namun sampai pada pencegahan preklampsia karena darah tinggi dan juga kadar protein berlebihan pada urin. Jika hal ini sampai terjadi maka akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Semangka memiliki kandungkan likopen yang akan mengurangi preklampsia sebanyakan 12 mg. Kandungan ini lebih banyak dari yang dibutuhkan seorang ibu hamil yaitu 4mg likopen setiap harinya. Jadi jika Anda mengkonsumsi buah semangka setiap hari kondisi preklampsia tentu tidak akan dialami dan kelahiran bayi akan lancar.

Jika dilihat ada banyak sekali manfaat buah semangka ini. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menyingkirkan pikiran negatif akan buah berair yang segar ini dan mengkonsumsinya setiap hari.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *