Desain Rumah Bebas Polusi ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik

Memaksimalkan Pengudaraan

Desain Rumah Bebas Polusi ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik. Niat awal Liana menempati rumah ini adalah menikmati sebanyak-banyaknya udara di kawasan Serpong yang menurutnya masih bersih. Itu sebabnya, bukaan yang cukup banyak, yang memang sudah ada pada bangunan awal ini, tidak diubah. Dari jendela-jendela yang ada di setiap sisi rumah, udara dan sinar matahari leluasa masuk menyinari ruang-ruang di dalamnya.

Liana bahkan berusaha mengolah sinar matahari sebagai pencahayaan alami ini sebijak mungkin. Di ruang tidur utama misalnya, area untuk tidur dan ruang walk-in closet dibuat terpisah dengan sekat, namun ada jalur cahaya sehingga kedua ruangan tetap terang. Ini karena desain partisi, yang sekaligus berfungsi sebagai kabinet TV, dibuat dengan variasi kisi-kisi.

Kisi-kini inilah yang memungkinkan ruang tidur tetap terang ketika gorden jendela ditutup karena cahaya tetap dapat tersalur melalui area walking closet di sebelahnya. Adanya kisi-kisi ini juga menghemat energi penggunaan alat pendingin atau air conditioner (AC). Udara dingin yang keluar dari AC juga dapat dirasakan di area walk-in closet.

Rumah yang dibeli di tahun 2009 ini memang baru dihuni sejak enam bulan yang lalu. Di sini Liana merasakan bahwa selain nyaman, lingkungannya juga lebih aman karena adanya sistem penjagaan yang ketat. “Kebetulan rumah ini berada dekat dengan gardu pos keamanan klaster yang terjaga 24 jam,” kata Liana mengakhiri perbincangan.

Partisi Kisi-kisi

Partisi multifungsi ini berfungsi sebagai penyekat dan rak TV. Partisi terlihat artistik karena adanya kisi-kisi yang terbuat dari bilah-pilah papan multipleks yang berlapis HPL corak kayu. Bilah-bilah ini dipasang berjajar dengan posisi serong sehingga membentuk garis geometris yang menawan. Bilah multipleks masingmasing dibuat selebar 15cm dengan tebal 5cm, dipasang dengan jarak antarbilah 5cm. Kala siang, dari kisi-kisi ini terbentuk garis cahaya alami yang terpantul di lantai dan dinding kamar. Ide ini layak Anda tiru untuk menghemat energi karena dapat meneruskan cahaya alami dari luar,sekaligus menambah keindahan ruang.

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *