Gigabyte GA-X99-Gaming G1 WiFi ala NET89 Bag3

Gigabyte GA-X99-Gaming G1 WiFi ala NET89 Bag3 – Sedangkan kapasitor yang digunakan pun sama, yatu Black Solid Capasitor. Yang sangat menarik adalah penggunaan heatpipe yang memanjang dan tersambung dari heatsink bagian bawah sampai dengan area VRM dekat prosesor dan berujung pada area di belakang panel-panel USB bagian belakang. Dengan tidak menggunakan heatsink berdimensi besar di area VRM seperti motherboard lainnya, sepertinya Gigabyte mengandalkan sistem pendingin dengan heatpipe yang terkoneksi dengan semua heatsink.

Dengan menggunakan motherboard ini, pengguna yang sering ataupun hobi overclocking dapat memanfaatkan overclocking via BIOS. Caranya adalah dengan menggunakan software yang disertakan maupun menggunakan tombol OC Button yang terletak di sebelah slot DIMM bagian kanan. Untuk pengguna yang ingin memonitor voltase dengan menggunakan probe, disediakan konektor untuk mengukur tegangan. Kabel probe sudah disediakan, hanya alat pembacanya harus dibeli terpisah. Selain itu, overclocker juga dapat memanfaatkan switch yang didedikasikan untuk mengatur pasokan daya ke slot PCIe.

Melalui switch tersebut, pengguna dapat langsung memutus daya listrik ke slot PCIe tertentu. Feature lainnya adalah Q-Flash yang berguna untuk flashing BIOS via USB drive tanpa perlu ada prosesor dan memory yang terpasang. Tersedia satu port USB khusus untuk melayani feature tersebut. Berbeda dengan peserta lainnya, motherboard ini (dan G1 WIFI) memiliki form factor E-ATX. Ini patut dipertimbangkan karena motherboard ini membutuhkan casing yang lebih besar daripada yang berdimensi ATX. Casing full tower dapat menjadi pilihan yang tepat.

Selain form factor, motherboard ini juga memiliki kelengkapan yang sama dengan G1 WIFI. Keduanya juga dilengkapi dengan konektor Thunderbolt 2, walau pengguna harus membeli kartu add-in terpisah. Perbedaan di antara keduanya terletak pada dukungan konektivitas wireless, di mana motherboard ini tidak memiliki modul wireless sama sekali. Slot M.2 yang tersedia juga hanya satu. Port USB 3.0 yang dimiliki berkurang menjadi 10, meski telah sama-sama menggunakan 2 buah hub Renesas uPD720210. X99X Fatal1ty Killer juga dilengkapi dengan dua ethernet, yaitu Intel Gigabit dan Qualcomm Atheros Killer E2200.

Sumber : https://net89.net/

This entry was posted in Tekno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *