Kok, Masih Mulas, Sih bag2

Mama perlu men curigai jika keluhan mulas teramat sangat ditambah nyeri pada perut, juga perdarahan yang tidak normal. Mama perlu segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui akar masalahnya. Mungkin terdapat kelainan pada organ kandungan Mama, proses penyem buh an yang tak berlangsung baik, atau mungkin ada gangguan lain, semisal sisa plasenta yang tertinggal di dalam rahim.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Untuk mengetahui pengeluaran sisa-sisa darah nifas, apakah normal atau tidak, Mama bisa melihat dari warnanya. Di minggu pertama, darah umumnya berwarna merah segar (lochia rubra), setelah itu sampaoi pada minggu ke-3 berwarna kecokelatan atau kekuningan (lochia sanguinolenta). Selanjutnya, di minggu ke-4 hingga ke-5, darah mulai hilang berganti dengan lendir putih bening atau kuning (lochia alba).

Agar Pulih Lebih Cepat

Menyusui bayi secara eksklusif sangat dianjurkan. Bukan hanya karena ASI memberikan nutrisi terbaik bagi bayi selama 6 bulan pertama, tetapi proses pemberian ASI pun sangat dibutuhkan untuk kelancaran pemulihan rahim. Baiknya pemberian ASI dimulai dengan melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah bayi dilahirkan. Kolos trum mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan baik untuk membangun daya tahan bayi. Berikan ASI sesuai dengan keinginan bayi.

Kian banyak oksitosin dilepaskan, kian cepat pula proses pengerutan rahim. Mama pun bisa merangsang pengeluaran hormon oksitosin dengan cara memijat perlahan perut bagian bawah dimana rahim berada. Selain itu, makanlah makanan bergizi seimbang, cukup istirahat, dan berolahraga yang sesuai dengan kondisi Mama usai melahirkan. Tubuh yang lebih sehat akan lebih mempercepat rahim mencapai pemulihannya.

Bagaimana Dengan Mama Yang Disesar?

Sama saja, kok. Mama yang mengalami operasi sesar juga memiliki masa nifas selama 40 hari. Di masa ini, pengerutan rahim sedang berproses setahap demi setahap. Hanya saja, karena dinding perut Mama dibuka, maka proses penyembuhannya lebih lama. Bahkan, hingga 3 bulan ke depan, flek masih bisa keluar. Kontrol  ke dokter Obgin harus lebih sering untuk memantau kondisi rahim, penyembuhan luka jahitan, benang jahitan, atau keluhan lain akibat operasi sesar.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *