Kontribusi Nyata Hijaukan Kota dengan Genset untuk Sumber Listrik Cadangan

Kontribusi Nyata Hijaukan Kota dengan Genset untuk Sumber Listrik Cadangan. Harga genset murah bisa dipesan melalui Distributor Jual genset Makassar yang memberikan garansi dan diskon harga.

“Sebenarnya banyak komunitas yang peduli terhadap kota hijau, namun tidak tahu bagaimana harus bertindak. Di sinilah kami berperan membagi pengalaman dari negara hijau kepada negara yang masih berkembang,” tutur Karen.

Melihat yang Tak Terlihat

Di saat green living belum sepopuler ini, sejak tahun 2007 Karen telah mengembangkan konsep Zero Energy House di rumahnya yang berlokasi di Bintaro, Jakarta. Konsep ventilasi silang diterapkan untuk mengurangi AC.

Pemakaian lampu dikurangi dan diganti panel tenaga surya. Manajemen pembuangan air juga dirancang, sehingga air limbah dapat dimanfaatkan. Sampah dapur pun dibuat jadi pupuk organik. “Asal kita bisa hidup sederhana dan tidak konsumtif, pengeluaran rumah tangga pun berkurang.

Sikap ini juga membentuk jati diri anakanak,” tutur wanita fi lantropis ini. Seakan tiada habis energinya, Karen juga menangkap peluang usaha komoditas fl orikultura yang menurutnya belum berkembang maksimal. Alhasil, didirikannya Floribunda Nursery di Cibodas, Jawa Barat.

Tak Sembarang “Green”

“Bersikap ‘green’ sangat dibutuhkan agar masyarakat tidak hanya memanfaatkan, tapi juga membudidayakan alam. Pada akhirnya, sikap ini akan memberikan nilai tambah untuk masyarakat,” tutur Karen. Bagi Karen,”green” tidak sekadar menanam.

Green butuh pengetahuan, pengalaman, dan rencana matang agar tepat sasaran. Untuk mewujudkan kota hijau, setiap pihak yang membangun perkotaan harus dilibatkan sejak mendesain, menata, hingga mengembangkan kota.

Tak hanya pemerintah yang harus bergerak, tapi juga seluruh masyarakatnya. Bagi Karen, inilah cita-cita jangka panjang yang terus menyulut semangatnya untuk berkontribusi. Cita-cita untuk melihat Jakarta lebih hijau, bersih, sehat, dan dapat menjadi contoh baik bagi kota lain di Indonesia, bahkan dunia.

Tentang Karen : Nama: Karen Tambayong Pendidikan: • Arsitektur, Delft University of Technology, Belanda • Arsitektur, Red River College, Kanada • Kursus Pendek Agrikultur, Colorado State University, Amerika Serikat Jabatan: • Pemilik Floribunda Nursery • Pencetus Forum Pangan dan Agrikultura • Ketua Komite Kota Hijau, AIPH • Ketua Komite Perkembangan Market Agrikultural, KADIN Indonesia • Penasihat Asosiasi Bunga Indonesia (ASBINDO)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *