Manfaat Kesehatan Minyak Kanola

sat-jakarta.com – Sebagian dari kita mungkin telah mengetahui manfa at kesehatan da ri minyak zaitun. Tapi selain itu, ada minyak yang tak kalah memiliki manfaat ke sehatan yaitu minyak kanola. Seperti disampaikan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, minyak kanola mungkin tak lazim di telinga kita namun minyak ini termasuk lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan membantu meningkatkan kolesterol HDL. “Manfaat kesehatan dari minyak itu bisa kita dapatkan bergantung pada sumbernya.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di Jakarta

Mau menggunakan minyak kelapa yang tinggi lemak jenuh dan memicu penyakit atau kanola yang baik untuk kesehatan,” kata Fiastuti saat memaparkan tentang minyak kanola dalam jumpa pers beberapa waktu lalu di Jakarta. Di kesempatan sama, Brand Manager Canola Oil Tropicana Slim, Noviana Halim, ST, MM mengatakan, minyak kanola merupakan salah satu minyak sehat karena rendah lemak jenuh dan mengandung omega3 sehingga baik untuk jantung.

“Minyak kanola adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga kanola yang diolah dan mengandung omega 3. Publikasi yang dikeluarkan British Journal of Nutrition menunjukkan konsumsi omega3 dapat melindungi jantung. Hal ini ditunjukkan dari penurunan risiko penyakit jantung dan kematian akibat serangan jantung,” katanya.

Kendati demikian, baik Fiastuti maupun Noviana sepakat, untuk mendukung pola hidup sehat, masyarakat disarankan mengganti proses menggoreng (deep frying) dengan proses masak yang lebih sehat. Mengolah makanan menggunakan proses memanggang, menumis, dan pan-frying menjadi opsi yang jauh lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan menggoreng.

Sehat Lezat (Olah Saji Dokter Tiwi)

Pemberian makanan dengan baik dan benar adalah kunci utama kesehatan bayi setelah ASI eksklusif. Komposisi, porsi, jenis, dan tekstur makanan harus diperhatikan agar kecukupan gizi bayi terpenuhi. Evaluasi berat dan tinggi badan perlu diperhatikan setiap bulan, khususnya di tahuntahun pertama kehidupan anak.

Dalam buku ini, sang penulis yang adalah dokter spesialis anak memberi panduan tentang makanan pendamping ASI dan cara pemberiannya setelah bayi berusia enam bulan. Disajikan dalam bahasa sederhana yang gampang dicerna. Uraian dalam setiap bab disesuaikan dengan tahapan dan masalah yang sering kali terjadi pada bayi yang baru mulai belajar mengenal makanan. Layak dibaca Mama Papa agar dapat memberikan makanan pendamping sehat untuk bayinya.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *