Olivier Salad ala Catering Jakarta Barat

Olivier Salad ala Catering Jakarta Barat

Bahan: 1 buah wortel, potong kotak 1,5 cm 150 gram kentang, potong kotak 1,5 cm 125 gram buncis, potong 2 cm 50 gram kacang polong 150 gram mayones 1 sendok makan air jeruk lemon 1/8 sendok teh merica hitam bubuk 1/4 sendok teh garam 2 sendok teh olive oil

Cara membuat: 1. Didihkan 750 ml air dan 1 sendok teh garam. 2. Masukkan kentang dan wortel. Rebus sampai setengah matang. 3. Tambahkan buncis. Rebus sampai matang. Tambahkan kacang polong. Rebus sebentar. Angkat. Tiriskan dan biarkan dingin. 4. Aduk rata mayones, olive oil, air jeruk lemon, merica hitam, garam. Masukkan ke dalam campuran sayuran. Aduk rata.

Olivier salad adalah salad tradisional dalam kuliner Rusia. Salad ini sangat populer di beberapa negara Eropa lainnya, mongolia, Israel, Iran, dan juga di negara amerika Selatan seperti, Uruguay, argentina dan Brazil. Dalam resep modern, biasanya dibuat dengan kentang potong dadu rebus, wortel, acar dill, kacang hijau, telur, dan ayam rebus (atau kadang-kadang ham atau sosis bologna). Dressingnya mayones.

Di seluruh dunia, Olivier salad lebih dikenal dengan salad rusia. salad ini disajikan dalam perayaan tahun baru bersama champagne. disebut salad olivier karena dibuat pertama kalo oleh lucien olivier, seorang koki belgia pada 1860-an salad ini langsung terkenal dan menjadi ciri khas resto tempat olivier bekerja. pada pergantian abad ke-20, salah satu sous chef tempat olivier bekerja, ivan ivanov, mencuri resepnya dan menjual ke berbagai penerbit.

Pencurian ini justru bisa mempopulerkan salad ini. dalam sebuah terbitan tahun 1894, disebutkan untuk membuat resep ini dibutuhkan daun selada, udang besar, aspic, biji zaitun, dan mayones. Namun dalam perjalanannya, bahan salad berganti akibat kelangkaan atau musim. Karena itu tak heran jika muncul vaiasi salad olivier yang lain yang dibuat dari kentang, kacang polong, kol, acar ketimun, caper, ham, wortel, minyak zaitun, cuka anggur, mustard dijon, dank rim asam. tentu termasuk buat zaitun.

Es Timun Aceh 3 Porsi

Bahan: kelapa 100 gram nanas, dipotong kecil panjang 4 buah ketimun lokal, dibuang biji, diserut dengan sendok serutan 3 buah jeruk nipis, diambil airnya 300 gram es serut

Bahan sirop: 125 gram gula pasir 150 ml air

Cara membuat : 1. Sirop, rebus gula, air, dan garam sampai mendidih. 2. Setelah dingin, masukkan ketimun, dan nanas. 3. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata. Sajikan bersama es serut.

 

This entry was posted in Resep. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *