Pendapat Para Produsen Mobil Mewah

Maserati adalah salah satu pabrikan mobil mewah asal Italia yang ikut berperan aktif di industri otomotif Indonesia. Karena line-up produk yang dihadirkan semuanya CBU, Maserati juga terkena imbas dari kenaikan bea masuk kendaraan impor ke Indonesia. “Dengan adanya kebijakan baru dari pemerintah dengan menaikan harga pajak masuk mobil impor yang cukup tinggi sebesar 50%, mau tidak mau, kami pun harus menaikan harga sekitar 10% dari harga sebelumnya,” ujar Ismail Ashlan, Public Relation Manager PT Auto Trisula Indonesia, distributor Maserati di Indonesia.

Maserati pun tidak kehilangan akal untuk menjual mobil yang dihadirkan kepada para calon pembeli. Tentunya melalui strategi khusus untuk menarik minat calon pembeli di Indonesia meski dengan harga yang cukup tinggi. Salah satunya ialah program marketing yang saat ini Maserati Indonesia lakukan yakni event experience ke kota­kota di luar pulau Jawa. Sehingga para konsumen di luar pulau Jawa juga dapat mencicipi line-up Maserati melalui acara test drive Sementara PT Garansindo .

Inter Global selaku APM yang menjual merek Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo pun ikut merasakan langsung kebijakan baru yang dibuat oleh pemerintah. “Kami di Garansindo akan mengikuti peraturan yang baru dari pemerintah dan berharap pemerintah selalu mendukung perkembangan sektor otomotif,” ujar Karim Rachman, Marketing Senior Manager PT Garansindo Inter Global. Tentu dengan adanya kebijakan tersebut, menaikkan harga jual menjadi langkah yang bijak.

Sayangnya, pihak Garansindo masih enggan menginformasikan seberapa besar kenaikannya. Tidak berhenti sampai disini, kami pun ingin mengatahui apa tanggapan dari pihak PT Eurokars Artha Utama (EAU), distributor resmi Porsche dan Rolls­Royce. “Peraturan yang baru memang sedikit membuat ganjalan untuk penjualan di kelas mobil premium. Tapi kami tetap optimis, karena kami punya segmen market sendiri yang sudah loyal dengan produkproduk kami,” ujar Salman Farouk Al Hakim, Marketing & Public Relation Manager PT Eurokars Artha Utama.

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *