Sejarah dan Makna Lauk Nasi Tumpeng yang Harus Diketahui

Saat kamu diundang untuk hajatan syukuran ataupun ulang tahun, potong tumpeng atau bisa juga bagi-bagi nasi kotak Jakarta selalu menjadi acara yang tidak pernah terlewat. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan doa dan makan bersama para tamu yang hadir saat itu.

Nah tahukah kalian bahwa nasi tumpeng tidak serta merta dijadikan sebagai sajian untuk hajatan dan syukuran.

Siapa sangka, ternyata ada filosofi mendalam yang menjadikan momen potong tumpeng semakin berkesan dan skalar. Intinya, makna dibalik lauk nasi tumpeng adalah tentang doa, harapan, dan rasa syukur.

Sejarah dan Makna Nasi Tumpeng

Masyarakat Jawa dan Bali seringkali membuat tumpeng untuk kenduri dan hajatan. Namun, saat ini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat tertentu melainkan sudah menjadi kebiasaan dan diikuti orang banyak di berbagai acara.

Falsafah tumpeng sendiri sangat lekat dengan letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh gunung api. Nah ritual ini dilakukan nenek moyang kita untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para leluhur. Setelah itu, masyarakat Jawa yang terpengaruh oleh Hindu membuat nasi berbentuk kerucut sebagai simbol tradisi nenek moyang kita tersebut.

Lain lagi, dalam masyarakat Islam Jawa, tumpeng merupakan akronim dari ‘yen metu kudu mempeng’ yang berarti ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat. Dalam kalimat ini kita diharuskan untuk selalu bersungguh-sungguh dalam bertindak agar mendapatkan hasil yang kita inginkan, tentunya dibarengi dengan doa kepada tuhan Yang Maha Esa. Tidak sampai disini, bahkan lauk-lauk yang disajikan dalam tumpeng, memiliki artinya masing-masing.

Arti Lauk Nasi Tumpeng

Ada beberapa lauk tumpeng yang sering kamu jumpai. Bukan asal-asalan, melainkan lauk tersebut dipilih karena memiliki makna tertentu yang melengkapi nasi tumpeng itu sendiri. Apa saja arti dan makna dari lauk nasi tumpeng?

Nasi

Nasi dalam tumpeng sendiri memiliki makna kesucian. Bentuk tumpeng atau kerucut merupakan simbol menuju Yang Maha Kuasa. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tumpeng merupakan bentuk rasa syukur dari sang pemilik hajat karena sudah diberikan kebaikan.

Nah, khusus untuk nasi kuning sendiri memiliki makna kemuliaan. Saat ini, warna nasi tumpeng sudah semakin bervariasi, ada yang hijau, ungu, bahkan merah dan nasi tumpeng bisa Kamu pesan di catering Depok harian disini.

Urap

Makanan yang satu ini bisa dibilang mirip seperti salad, walaupun kuahnya sangat berbeda ya. Jadi lauk yang satu ini merupakan perpaduan dari sayuran segar dicampur dengan parutan kelapa berbumbu. Salah satu sayur yang digunakan adalah kangkung dan kacang panjang.

Kedua sayur ini memiliki makna umur yang panjang dengan harapan bahwa pemilik hajatan dapat menjalani hidup yang panjang dan penuh kebaikan.

Ayam

Lauk yang satu ini pasti akan kalian temui. Namun, bukan hanya karena rasa ya, tapi karena ada arti dari pemilihan lauk ini.

Ayam yang digunakan adalah ayam jantan dan ini sebagai simbol untuk menghindari kita dari sifat buruk ayam jago, sombong dan congkak.

Ikan Lele

Ikan ini tidak hanya hadir sebagai pelengkap atau pilihan alternatif bagi pemilik hajatan. Lebih dari itu, ada makna yang sangat penting dari ikan lele dalam lauk tumpeng. Kita tau bahwa lele hidup di dasar sungai tanpa air mengalir. Dari sini kita bisa mengambil nilai ketabahan dan keuletan dalam bertahan hidup dan inilah yang harus kita implementasikan dalam kehidupan kita.

Ikan Teri

Kita sama-sama tau bahwa ikan kecil yang satu ini selalu hidup gerombolan. Oleh karena itu, ikan ini disajikan dalam lauk nasi kuning tumpeng sebagai simbol kebersamaan yang harus terus dijaga oleh umat manusia sebagai makhluk sosial.

Telur Rebus

Mungkin makanan yang satu ini tidak selalu kamu temukan di dalam tumpeng karena mulai digantikan dengan olahan lainnya.

Telur rebus pindang utuh dengan kulit adalah simbol kesabaran. Sebagai manusia, kamu harus sabar dan melakukan semuanya dengan rencana seperti saat kita mengupas cangkang dari telur. Saat ini telur rebus jarang terlihat kecuali pada ritual tertentu, karena digantikan dengan telur dadar yang diiris tipis.

Sekarang kalian sudah paham kan kenapa ada lauk nasi tumpeng yang selalu kalian liat saat acara-acara seperti hajatan. Makna dan arti dari lauk tersebut tidak bisa ditinggalkan begitu saja, karena melengkapi filosofi dari ritual tumpeng itu sendiri dan Anda bisa memesannya di catering kantor juga ya.

This entry was posted in Resep. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *