Skrining Neonatus

Penyakit Apakah yang Dapat Dideteksi dengan skrining neonatus?

Hipotiroid kongenital Hipotiroid kongenital adalah penyakit bawaan yang disebabkan kekurangan hormon tiroid. Hormon tiroid adalah hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, terutama pada fungsi susunan saraf pusat. Kekurangan hormon tiroid ini dapat menyebabkan keterbelakangan mental, gangguan koordinasi gerak dan lain-lain.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Kebanyakan bayi dengan hipotiroid kongenital terlihat normal secara klinis sampai usia 3 bulan, namun saat itu perkembangan otak mungkin sudah terganggu. Gejala klinis tidak spesifik, namun beberapa gejala berikut patut mendapat perhatian; – Jaundice (kuning). – Konstipasi (susah BAB). – Lemah (lethargy). – Gangguan makan. – Lidah membesar. – Wajah membengkak (puffy face). ¦

Defisiensi Glucose-6-phosphate dehydrogenase Defisiensi glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD) merupakan kelainan genetik yang disebabkan kurangnya enzim G6DP. Defisiensi G6DP mengakibatkan sel darah merah cepat rusak dan mengalami hemolisis, sehingga muncul suatu kondisi yang disebut anemia hemolitik. Defisiensi G6PD mengakibatkan semua sel darah merah tidak bisa lagi untuk mengangkut kandungan oksigen secara efektif yang menuju ke seluruh tubuh. Beberapa gejala defisiensi G6DP yang dapat diamati antara lain: – Jaundice (kuning). – Sesak napas. – Denyut jantung tidak beraturan. – Suhu tubuh meningkat secara tiba-tiba.

Anak Perempuan Pun Perlu Aktif

Permainan mendandani diri sendiri dengan berbagai pakaian atau mengecat kuku bersama bisa menjadi permainan yang menyenangkan bagi anak perempuan dan Mama. Namun, para ahli menyarankan supaya Mama tidak terlalu menjadikan acara ini sebagai pengisi waktu berkualitas. Akan lebih baik jika waktu Mama dengan anak perempuan dihabiskan untuk aktivitas yang menyehatkan, seperti: berjalan bersama atau berolahraga. Dari situ, ia belajar bahwa ia bisa menjadi anak perempuan yang tangguh, kuat, dan tetap perempuan. Anak Mama Muga akan belajar bahwa aktivitas fisik bisa menjadi pereda stres yang ampuh. Pastikan Mama sering memujinya sebagai anak pintar dan baik, sesering Mama memuji kecantikannya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *