Topan Florence Picu Evakuasi Massal

Pemerintah Amerika Serikat memerintahkan evakuasi massal sekitar satu setengah juta warganya di sepanjang pesisir Laut Atlantik setelah topan Florence, badai kategori 4 dan yang paling kuat mengancam wilayah itu dalam hampir tiga dasawarsa, melaju ke kawasan tersebut kemarin.

Gubernur Ralph Northam mengeluarkan perintah evakuasi untuk sekitar 245 ribu penduduk di daerah pesisir Negara Bagian Virginia yang rawan banjir pada pukul 8 pagi waktu setempat. Sedangkan Gubernur Carolina Selatan Henry McMaster memerintahkan lebih dari 1 juta penduduk di sepanjang garis pantai wilayahnya mengungsi mulai tengah hari kemarin. “Ini badai serius yang akan mempengaruhi seluruh negara bagian,” kata Northam dalam konferensi pers.

“Semua orang di Virginia harus bersiap.” Badan Topan Nasional di Miami menyatakan Florence, yang membawa angin dengan kecepatan 220 kilometer per jam, diperkirakan menguat sebelum menerjang lusa, di bagian tenggara Carolina Utara di dekat perbatasan Carolina Selatan. Gubernur Carolina Utara Roy Cooper mengatakan dalam konferensi pers bahwa negaranya berada di “pusat badai”. Setidaknya lebih dari seperempat juta orang dievakuasi dari Outer Banks utara di North Carolina kemarin.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *